No comments yet

Panorama Nubuatan Alkitab

Sabat, 13 November 2021 adalah sabat yang penuh dengan sukacita karena atas penjagaan, perlindungan dan tuntunan Tuhan kita bisa melewati satu minggu aktivitas kita dengan tidak kurang suatu apapun dan juga mengingatkan kita bahwa kedatangan Tuhan sudah semakin dekat.

Pada sabat ini kita dilayani oleh Bapak Willy Mambo dengan judul khotbah “Panorama Nubuatan Alkitab”. Dibeberapa tempat tertentu, mulai bulan Agustus sampai Desember, lagu-lagu natal sudah mulai diputarkan untuk menyambut peringatan tentang kelahiran Yesus di dunia. Tetapi apakah kita sudah mengerti apakah sebenarnya yang terjadi di Bethlemen?.  Apakah orang-orang yang ada di zaman itu sudah bersiap dan bersukacita untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus? Pada kenyataannya bahwa orang-orang Yahudi tidak mengetahui dan tidak bersiap menyambut kedatangannya tetapi ada sekumpulan Orang-orang Timur atau orang Majus pada zaman itu yang sudah mempelajari tentang nubuatan bangsa Ibrani bahwa seorang Raja akan lahir. Dan akhirnya mereka pergi dan mencari Raja tersebut ke Yerusalem dengan tunutan sebuah bintang dan menemukan bahwa Raja yang dinubuatkan bukan lahir di suatu tempat yang bagus tetapi di sebuah kandang binatang.

Pelajaran tentang Bethlehem adalah sebagaiman kedatangan Yesus pada kali yang pertama tidak sambut oleh orang-orang yang mengetahui tentang nubuat kelahirannya, begitu juga pada kedatangan-Nya yang kedua banyak orang-orang pilihannya juga yang tidak bersiap menyambut Dia.

Dalam 2 Raja-raja 11 dicerita tentang Yoas dinobatkan menjadi raja. Yoas disembunyikan oleh Yoseba, saudara perempuan Ahazia selama 6 tahun di bait suci supaya tidak dibunuh oleh Ratu Atalya ibu dari Raja Ahazia. Ratu Atalya memerintah sebagai penguasa kerajaan ketika Raja Ahazia, anak laki-laki meninggal. Setelah 6 tahun disembunyikan, Iman besar Yoyada mendoakan dan merencakan untuk menobatkan Yoas sebagai raja dan akhirnya hari itu akhirnya tiba. Yoas resmi di nobatkan menjadi raja Yudea pada waktu berumur 7 tahun.

Alkitab menceritakan bahwa akan ada dari keturunan Daud yang akan lahir sebagai Raja atas segala raja. Siapakah Dia? Dialah Yesus, Anak Manusia (Wahyu 14:14). Apakah Yesus akan datang secara diam-diam? Yesus  datang dengan bunyi terompet (I Tes 4:16). Kejadian-kejadian apa yang menyertai kedatangan-Nya kedua kali? Kilat memancar, bunyi guruh, gempa bumi (Wahyu 16:18). Siapakah yang akan melihat Yesus ketika Dia datang kedua kali? Semua bangsa dibumi (Matius 24:30), setiap mata akan melihat Dia (Wahyu 1:2).Siapakah yang akan datang bersama Dia di awan-awan? Semua malaikat-malaikat (Matius 24:31). Apakah yang akan terjadi bagi orang-orang jahat yang masih hidup?Mereka akan dihukum di dalam api yang bernyala-nyala(2 Tesalonika 1:7,8, 2 Tes 2: 8). Apakah yang terjadi kepada umat Tuhan yang mati dalam kebenaran? Akan lebih dahulu bangkit (I Tes 4:16). Apa yang terjadi pada orang-orang benar yang masih hidup?Akan diubahkan (I Kor 15:52,53, Fil 3:20,21). Apa yang terjadi kepada umat tebusan setelah diubahkan?Diangkat bersama-sama ke awan (I Tes 4:17).

Peringatan apa yang Yesus amarkan tentang kedatangan-Nya kedua kali? Muncul mesias-mesias palsu, nabi-nabi palsu dan akan menyesatkan banyak orang (Matius 24:5, Matius 24:24, Matius 24:26). Apa yang melindungi umat Tuhan dari penipuan setan? Penganjaran dan kesaksian (Yes 8:20), Menerima firman dengan segala kerelaan hati (Kisah 17:11). Apa yang dapat kita ketahui tentang waktu atau hari kedatangan Yesus? Tidak ada seorangpun yang tahu, hanya Bapa sendiri (Matius 24:33,36),kita cukup melakukan apa yang harus kita lakukan untuk menyambut kedatangan-Nya yang kedua kali. Apa yang dikatakan oleh mereka yang jahat pada waktu kedatagan Yesus kedua kali? Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia yang duduk di atas tahta (Wahyu 6:15-17) karena mereka tidak tahan melihat kemuliaan Tuhan pada waktu Dia datang pada kali yang kedua. Bagaimana sikapa kita menyambut kedatangan Yesus yang kedua kali? Siap sedia (Matius 24:44) karena Yesus datang pada saat yang tidak kita duga, dan kita akan menerima upah untuk masuk kerajaan Allah apabila kita setia dan hukuman untuk yang tidak setia (Matius 22:12, Matius 7:21).

Kitab Daniel adalah kitab yang menuliskan akan apa yang akan terjadi di masa mendatang dan Kitab Wahyu adalah kitab yang mengungkapkan nubuatan-nubuatan akhir zaman yang di tulis di kitab Daniel (penggenapan nubuatan). Akhir dari semua kejadian-kejadian yang terjadi di dunia ini kita sudah mengerti dan mengetahuinya secara pasti bahwa Yesus akan datang menjemput kita untuk masuk ke dalam kerajaan sorga yang Dia telah sediakan bagi kita umat-umat yang setia dan percaya kepada-Nya.

Kesimpulan yang bisa kita ambil 1. Mengikuti apa yang dikatakan oleh Wahyu 1:3 Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat. 2. Menuruti setiap perintah-perintah yang dituliskan didalam Alkitab. 3. Berdoa setiap saat dan bersungguh-sungguh untuk meminta tuntunan Roh Kudus. 4. Pergi, ajarkan, dan baptiskan (Matius 28:19-20).

Post a comment