No comments yet

Waktu Perkenanan Tuhan

Khotbah Sabat, 21 Mei 2022

Pembicara : Pdt. Ronie Panambunan

Waktu perkenanan Tuhan. Kata perkenan  ini Erat kaitannya dengan berkat, waktu, janji, dan keselamatan. Ketika Tuhan berkenan dengan kita, artinya kita menerima berkat dari Tuhan.

Di Alkitab kata berkenan ada kaitannya dengan waktu. Tuhan setuju, senang, dan restui kehadiran kita saat waktu beribadah/ menyembah Tuhan, artinya Tuhan berkenan dengan kita.

Cerita tentang Bartimeus (orang buta) Markus 10 :51. Sebagaimana Bartemeus yang Yesus tanyakan ke Bartimeus, juga ditanyakan pada saat ini kepada umat manusia. Apa yang kita kehendaki untuk Yesus lakukan kepada kita?

Sebenarnya Yesus sudah tahu kebutuhan orang buta ini, tapi Dia bertanya supaya orang buta ini menyadari kebutuhannya dan kerinduannya kepada Yesus.

Kebutaan rohani adalah jauh lebih buruk daripada kebutahan fisik.  Bartimeus memiliki kebutaan yang berakar pada cacat fisik. Kebutuhan rohani berakar pada pekerjaan iblil yang tidak menginginkan kita melihat cahaya Injil kemuliaan Kristus. Bartimeus buta tapi dia mau berubah, dia mau supaya bisa melihat. Tapi ada beberapa yang buta rohani tapi tidak mau berubah, tetap menginginkan buta rohani, tidak mau bersaksi akan kebenaran Injil. Banyak orang yang masih belum ada di titik menginginkan Yesus untuk berubah. Beberapa orang tidak mau memiliki beban untuk bersaksi, menginjil, dan memenangkan jiwa. Kalau saja Bartimeus menundah untuk disembuhkan saat itu, dia akan kehilangan kesempatan untuk sembuh. Karena itu adalah kali terakhir Yesus lewat di tempat Bartimeus, setelah itu Yesus ke Yesrusalem dan Yesus mati di kayu salib. Penundaan bisa menjadi malapetaka bagi Bartimeus. Gunakan waktu kita sekarang untuk merubah diri kita menjadi lebih baik dalam menginjil, karena sebagai manusia kita ada penunda professional. Penundaan adalah alat setan yang membuat kita tidak mau berubah sehingga kita tidak mempunyai kehidupan yang baru.  2 Korintus 6:2 “…Sesungguhnya, WAKTU INI adalah WAKTU PERKENAAN itu; sesungguhnya, HARI INI adalah HARI PENYELAMATAN itu.” Hari ini apabila saudara mendengar suara Tuhan, segeralah berubah karena bisa  jadi besok saudara tidak mempunyai kesempatan untuk berubah. Serahkanlah hidup kita kepada Yesus, karena Yesus mampu merubah kita asalkan kita mau memutuskan untuk berubah.

Disaat kita memutuskan untuk berubah, akan banyak tantangan yang datang. Bisa dari anggota gereja bahkan Pendeta, ketua, majelis, bahkan dari orang terdekat kita. Mari kita belajar dari Bartimeus, tidak peduli apa yang dipikirkan orang lain tetapi tetap memandang Yesus.

Kebahagiaan Sejati, 65.1 Biarlah doamu seperti berikut: “Ambillah aku, ya Tuhan, jadi milikMu sepenuh. Kubentangkan semua rencana-rencanaku dikakiMu. Gunakanlah aku HARI INI berbakti padaMu. Tinggal di dalam aku, dan biarlah semua pekerjaanku dikerjakan di dalam Engkau.”

Post a comment