No comments yet

BAGAIMANA BERTAHAN DALAM PERNIKAHAN

Sabat 19 Februari 2022, merupakan hari pertama rangkaian acara minggu sembayang dari Departemen Rumah Tangga yang mengambil tema The family of God. Adapun minggu sembayang rumah tangga akan berjalan selama seminggu kedepan 19 – 25 Februari 2022.

Firman Tuhan dibawakan oleh Bapak Bryan Kasenda dengan judul, Bagaimana bertahan dalam pernikahan.

Banyak celebrity dan orang-orang terkenal yang tidak bisa mempertahankan rumah tangga mereka dan bercerai mungkin adalah hal yang biasa bagi mereka. Bahkan ada pasangan biasa dari Kuwait menjadi viral karena mereka hanya menikah dalam waktu 3 menit dan setelah bercerai. Dan menurut catatan ini adalah pernikahan tersdingkat di dunia.

Apakah perceraian dikendaki Tuhan terjadi pada umat-umatnya? Apakah janji pernikahan tidak penting lagi? Sampai kematian memisahkan tapi akhirnya bercerai juga. Apakah pernikahan akan berlangsung bahagia selama pernikahan?

Akan ada banyak hal-hal yang akan terjadi selama masa pernikahan dan membutuhkan ketahanan kedua pasangan untuk bertahan dan saling mengerti satu sama lain. Aaron Back dalam bukunya, Love is never enough ” Walaupun cinta merupakan dorongan kekuatan emosional yang memotivasi pasangan untuk saling menolong dan mendukung satu sama lain tidaklah cukup hanya menciptakan hal yang berhubungan dengan hubungan intim belaka, atau kualitas pribadi, dan keterampilan krusial bagi hubungan yang bahagia dan sehat. Keintiman dengan mudah dapat hilang kalau para pasangan tidak memiliki kemampuan untuk memelihara perasaan keterbukaan, penegasan, dan kepemilikan dalam hubungan mereka.” Jadi cinta tidaklah cukup untuk menjadi penopang antara pria dan wanita yang memutuskan untuk menikah.

Ada tahapan- tahapan dalam pernikahan. Dalam tahapan-tahapan tersebut ada tantangan dan tugas yang harus dilakukan. Rumah tangga yang sehat akan mampu bertahan sampai tua, dan pernikahan yang tangguh harus memiliki fleksibilitas, komitmen, dan pandangan yang positive.

Mengontrol sikap, mengontrol emosi, mengontrol tindakan, adalah tiga hal penting dalam berumah tangga. Karena akan ada banyak musim yang datang dalam pernikahan. Ada saatnya dimana semua kebutuhan bisa terpenuhi, tapi ada saatnya dimana pendapatan menurun. Namun apapun musim yang datang dalam pernikahan, kita harus bisa mengatur sikap, emosi dan tidakan. Sehingga hal yang bisa menimbulkan konflik bisa dihindari oleh karena adanya pengertian antara dua pihak.

Prinsip-prinsip yang memperkuat ketahanan dalam pernikahan yaitu pertama berdoa tanpa berkeputusan (Fil 4:6,7), berikutnya berkomunikasi, berhubungan dan bersatu, dan terakhir adalah memecahkan masalah yang dapat dipecahkan.

Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Dia memberi mereka instruksi untuk membangun dan mempertahankan pernikahan seumur hidup (Kej 2:24).  Instruksi yang sama ditujukan bagi keluarga kristen yang hidup di akhir zaman ini, kiranya bisa terus mempertahankan rumah tangga yang kuat menghadapi badai kehidupan dan bersama bersiap untuk kerajaanNya. Kiranya Tuhan memberkati.

Post a comment