Find Us

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeCheck Our Feed

Character

Khotbah siang sabat ini dibawakan oleh Pdt. Jantje Kasenda dan ayat inti khotbah Filipi 2 : 8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Arti karakter atau tabiat dari kamus besar bahasa Indonesia berarti: Watak, sifat, karakter, peran. Tabiat : Perangai, watak, budi pekerti, perbuatan yang selalu dilakukan, kelakukan, tingkah laku.

Satu perbuatan yang diulang-ulangi disebut kebiasaan, kebiasaan yang kemudian diulang-ulangi terus akan menjadi tabiat atau karakter.

Tujuan pembicara membawakan topik ini bukanlah mengkritik jemaat melainkan untuk sama-sama introspeksi saja. Tabiat saya sudah bagaimana? kalau sudah cocok dengan apa yg disampaikan dan sesuai dengan kutipan Roh Nubuat serta ayat-ayat Alkitab kita bersyukur tapi jika belum maka kita diajak supaya boleh mendapat kuasa Tuhan dan kita merubah tabiat yang belum cocok itu menjadi cocok.

Sebagai gambaran kecenderungan manusia terhadap kebiasaan-kebiasaan sehari-hari seperti bersih x kotor. Manusia cenderung menyukai yang bersih tapi malas melakukannya. Rajin vs malas, pun manusia condong menjadi pemalas dalam hidup sehari-hari, maka untuk menggiatkan suatu kebiasaan yang baik dan positif perlu sesuatu ketergantungan terhadap pencipta untuk dapat merubah kecenderungan manusia yg kurang baik.

4 kutipan yg akan disampaikan berkenaan dengan topik sabat ini adalah :

  1. In the world of God we are to learn that all to enter heaven must have a perfect character for then they will meet their Lord in peace. CSW 112.
  2. A character formed according to the divine likeness is the only treasure that we can take from this world to the next. CG 161.
  3. When the character of Christ shall be perfectly reproduce in His people then He will come to claim them as His own. COL 69
  4. Every act of transgression react upon the sinner works in Him a change of character makes it more easy for Him to transgress again. ISM 235.

Ayat- ayat Alkitab yang berhubungan dengan pembentukan karakter dan tabiat:

  1. Hati Manusia
    Markus 7: 21-22 Sebab dari dalam, dari hati orang timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.
  2. Hati anak Tuhan
    Yehezkiel 36: 26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
  3. Hati yang bijaksana
    Amsal 4 : 23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
  4. Pikiran = Hati
    Filipi 4: 8 Jadi akhirnya saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
  5. Anak Tuhan hidup sebab Yesus hidup.
    1 Yohanes 2: 6 Brangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Di akhir khotbah pembicara kemudian mengajak kepada jemaat agar senantiasa bergantung kepada pencipta agar dikendalikanNya tabiat dan karakter kita sesuai dengan yang Dia mau.