RESTORATION IN JESUS CHRIST (PEMULIHAN DALAM YESUS KRISTUS)

(Pdtm. Marvico Katiandago)

(Kejadian 1:1) “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” Enam hari lamanya Allah bekerja dalam menciptakan terang, cakrawala, tumbuh-tumbuhan, benda-benda penerang, binatang di air, burung-burung di udara, binatang di darat dan manusia.

Kejadian 1:31 “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.” Pernyataan sungguh amat baik artinya: Semua karya Allah dari penciptan dihari pertama sampai penciptaan dihari keenam semuanya adalah sempurna (utuh, tanpa cacat/ tanpa masalah).

Allah menciptakan manusia dengan kesucian dan kegembiraan yang sempurna, dan bumi ketika muncul dari tangan khalik tanpa kerusakan pada tanaman ataupun bayang-bayang kutuk. ”Kebahagiaan Sejati, hal.3. Semua yang dijadikan Allah, semuanya adalah sempurna. Ketika manusia diciptakan semua yang terbaik dari Allah telah disediakan untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Awal kehidupan manusia sebelum jatuh dalam dosa adalah: Adanya keharmonisan antara manusia dengan Allah dan antara manusia dengan ciptaanNya yang lain. Kenyataannya manusia tidak setia menuruti perintah Allah yang kemudian membuat manusia dan keturunannya menderita, susah, dan akhirnya akan binasa.

Dia (Allah) membenci dosa, namun Dia mengasihi orang yang berdosa, dan Dia telah memberikan diri-Nya sendiri dalam wujud Kristus, supaya semua dapat diselamatkan Dan memperoleh berkat-berkat yang kekal didalam kerajaan kemurahan itu. Kebahagiaan Sejati, hal.50.

(Yohanes 3:16) “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Masih ada harapan bagi manusia untuk kembali menikmati segala kebaikan Allah. Dan harapan itu hanya ada dalam Yesus Kristus.

(Yohanes 14:6 ) “Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Tanpa Yesus manusia kehilangan harapan untuk dapat menikmati segala kebaikan Allah. Namun bersama Yesus kebaikan Allah akan kembali menjadi milik setiap manusia yang percaya. (Roma 6:23) “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Manusia harus tetap tinggal dalam Yesus Kristus sampai pemulihan yang sempurna tergenapi dalam kehidupannya. (Matius 5:48) “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”