Emansipasi Wanita

Sabat ini adalah sabat special bagi para wanita, memperingati hari Kartini 21 April. Semua participant adalah para wanita. Kartini adalah tokoh yang berperan penting sehingga wanita Indonesia bisa mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan para pria. Hal yang sama disampaikan Ibu Dessy Laluyan sebagai pembicara, bahwa Kartini sebagai wanita pada zaman itu menginginkan supaya wanita mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tinggi nya dan mendapatkan kesempatan yang sama utk menerapkan ilmu yg dimiliki dan dia memperjuangkan hal itu lewat tulisan-tulisan yang sudah ditulis beliau. Sayang sekali beliau meninggal diusia muda, namun perjuangan belia tidak sia-sia, karena para wanita bisa menikmati hasilnya saat ini bahwa emansipasi bagi para wanita yang memiliki kesempatan yang sama dengan para pria.

Bagaimana peran wanita menurut Ellen G. White? RUMAH TANGGA ADVENT, P 227 Wanita harus menduduki tempat yang dimaksudkan Allah baginya sejak semula, sederajat dengan suaminya, artinya bahwa wanita mempunyai hak dan kewajiban yg sama dan sesuai kodrat alamiah.

Wanita dalam masyarakat saat ini, wanita sudah mencapai karir sama tinggi dengan pria. Ada yang menjadi pimpinan perusahaan, pimpinan pemerintahan dari RT/RW, walikota sampai Presiden. Ada juga yang menjadi Astronout, bahkan Sopir bis/truck.

Bagaimana peran wanita dalam gereja?

1. Menjadi pengabar injil (Matius 28:19)

Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptiskanlah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan roh Kudus.

2. Menjadi saksi hidup dlm tabiat Allah (2Kor 3:2)

Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dlm hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang.

3. Aktif dalam kegiatan/pelayanan gereja (Ibrani 10:25)

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Beberapa tokoh wanita yang ada dalam Alkitab:

  1. Deborah : hakim, Pemimpin perang
  2. Esther  : penyelamat bangsa
  3. Prisilla  : pengabar injil

Gereja Adventpun memiliki tokoh wanita yang berperan penting dalam pertumbuhan gereja