Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

“Pesan-pesan terakhir”

Sabat 23 Maret 2019, adalah Sabat Perjamuan di Jemaat Taman Harapan. tapi seperti biasa diawali dengan acara ibadah perayaan Sabat. Pendeta Henry Tielung sebagai pembicara sabat itu membawakan khotbah dengan judul “Pesan-pesan terakhir”.

Beberapa pesan yang dikutip berikut ini dari beberapa tokoh terkenal, yang merupakan pesan terakhir mereka:

1.Bung Karno, TUHANKU, TUHANKU….

2. Robert F Kennedy; I’ll be in Hell before you start breakfast…

3. Franklin D, Rosevelt; I’ had to die twice. It’s so boring.

4. Rajiv Gandhi; No, I didn’t came here to make a speech i came here to die.

5. Winston Churcill: Jesus, i love you. Jesus, i love you.

Bagiamana dengan Yesus? apakah Yesus meninggalkan pesan-pesanNya kepada kita? Berikut ini adalah beberapa pesan Yesus:

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Matius 28:19, 20.

“Tetapi kamu, akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Kisah Para Rasul 1:8

Sebagai umat Tuhan apa yang harus kita teladankan dan beritakan kepada dunia, sesuai dengan pesan Yesus tersebut?

“ Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi seperti Aku telah mengasihi kamu”. Yoh. 15:12,17. Dan Yesus juga memberikan teladan kepada kita manusia dalam Yohanes 13:14,15 “Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu, sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Ku-perbuat kepadamu.” Dan Yohanes 13:4,5 Lalu bangunlah Yesus menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenen dam mengikatkannya pada pinggangNya, kemudian Ia menuangkan air kedalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-muridNya lalu menyekanya dengan kain yang terikat  pada pinggang-Nya.

Dan inilah pesan terakhir Yesus kepada kita dalam Yohanes 13:34,35 “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi: sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi”.

Setelah khotbah, dilanjutkan dengan upacara perjamuan kudus yang diawali dengan basuh kaki, kemudia makan roti dan minum anggur. Upacara perjamuan terasa khidmat dan kiranya menjadi berkat untuk Jemaat Tuhan Taman Harapan.