Utusan Jemaat Menghadiri Temu Mahasiswa Advent di Yogyakarta

1111 Tema_Yogya2Cukup lama tidak terdengar kabar mengenai sebuah Pertemuan Mahasiswa Advent dari berbagai daerah di Indonesia yang sedang menambah, mengasah kemampuan/pengetahuan mereka di Perguruan Tinggi (Negeri maupun Swasta) non-Advent. Padahal, pertemuan ini dapat menjadi sebuah wadah penting untuk mahasiswa/mahasiswi agar tetap saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapi pergumulan/polemik sehari-hari (apakah itu di kampus, pergaulan dengan teman-teman kampus, dosen dan sebagainya).

Memang terkadang tidaklah mudah menjalani hal-hal tersebut sebagai pemuda, mahasiswa dan anak Tuhan dalam satu waktu, maka mungkin inilah yang menjadi dasar pertimbangan dibuatnya acara TeMA (Temu Mahasiswa Advent) se-Jawa Tengah oleh KMAY (Ikatan Mahasiswa Advent Yogyakarta) tepat satu tahun yang lalu. Setelah acara tersebut selesai dan dianggap berhasil, mereka pun dengan cepat bergegas untuk mengadakan sebuah ide mengenai “Bagaimana jika ini diterapkan juga untuk Uni Indonesia Kawasan Barat?”

Maka terbentuklah panitia untuk merealisasikan ide tersebut menjadi sebuah acara TeMA (Temu Mahasiswa Advent) 2017 Se-Uni Indonesia Kawasan Barat yang akan diselenggarakan pada 10 November – 12 November 2017 di Graha Kinasih Kaliurang, Yogyakarta.

Memang pertemuan tersebut bagi IMAY (Ikatan Mahasiswa Advent Yogyakarta), IMAS (Ikatan Mahasiswa Advent Semarang), IMAM (Ikatan Mahasiswa Advent Medan), dan IMAB (Ikatan Mahasiswa Advent Bandung) adalah hal yang biasa mereka lakukan di setiap minggunya. Lalu bagaimana ibu kota Jakarta dengan IMAJAS (Ikatan Mahasiswa Jakarta dan sekitarnya)? Menjadi sebuah motivasi dan tamparan halus bahwa Ikatan Mahasiswa yang ada di luar Jakarta saja bisa, lalu mengapa Jakarta tidak selama tujuh tahun terakhir ini?

Oleh sebab itu dengan penuh semangat, KMAY mengundang seluruh mahasiswa yang ada di daerah Uni Indonesia Kawasan Barat termasuk Jakarta guna memunculkan kembali semangat yang dulu sempat padam. Lalu, secara resmi berita ini diumumkan langsung melalui surat dari Konferens Jakarta kepada setiap Jemaat, maka Majelis GMAHK Jemaat Taman Harapan memutuskan untuk memilih dan mengirimkan perwakilan satu anak muda ke Yogyakarta agar dapat mengikuti acara tersebut.

1111 Tema_Yogya1Sangat disayangkan apabila kegiatan/acara ini menjadi kurang diminati oleh kalangan pemuda khususnya mahasiswa, karena selain tujuannya untuk menguatkan satu sama lain, pihak panitia mengundang beberapa nara sumber penting dan hebat, di antaranya Pdt. Ronny Wenas selaku Direktur Pemuda, Pathfinder, Adventurer dan Public Campus Ministries di Uni Kawasan Barat, Pdt. Samuel Simangunsong selaku Direktur Pemuda Advent wilayah Daerah Jawa Tengah, Pdt. Darron Boyd selaku Koordinator Adventist Aviation di Jayapura, Oswin Budi, Elvin Tobing dan Ferry Pardosi. Satu tema penting yang diangkat dalam pertemuan ini yaitu, Peran Mahasiswa Advent di Lingkungan Kampus.

Dengan kegiatan, aktifitas yang padat, acara ini pun seperti mengingatkan, merefleksikan serta membekali mahasiswa agar dapat mengerti serta menjalankan peran aktif dan peran penting sebagai mahasiswa Advent di lingkungan kampus non Advent khususnya mengenai menjalankan misi “ShareYourFaith”. Akhirnya diputuskan untuk pertemuan TeMa 2018 akan diselenggarakan di Jakarta.

Laporan Raynaldi Tanuwijaya
Pemimpin Departemen Multimedia dan Komunikasi
Jemaat Taman Harapan