Pelatihan Tanggap Bencana Nasional Berlangsung di Taman Harapan

0723 BNBD_THADRA Indonesia menyelenggarakan kursus Emergency Response Team (ERC) bagi para Direktur Pelayanan Masyarakat se-Daerah/Konferens di Uni Indonesia Kawasan Barat dan Timur. Dalam kegiatan yang berlangsung pada 24-27 Juli ini, Jemaat Taman Harapan juga dilibatkan untuk membantu panitia pelaksana dalam acara ini.

Gedung Serbaguna Jemaat Taman Harapan telah digunakan sebagai salah satu tempat simulasi kegiatan penampungan pengungsi dalam skenario tanggap darurat menghadapi bencana. Hal ini telah dimungkinkan setelah surat permohonan dari ADRA Indonesia untuk menggunakan ruangan ini sudah disetujui oleh Majelis Jemaat.

1707-BNBD_TH1Pada Rabu, 26 Juli, sejumlah peserta yang datang dari seluruh Indonesia tiba di Gereja dan mereka berlatih menangani korban bencana dalam simulasi yang sudah diskenariokan oleh Panitia Pelaksana. Nampak para peserta terlibat dalam situasi darurat yang harus ditanggapi dengan taktis dan cermat.

Pelatihan Tim Tanggap Darurat yang diselenggarakan oleh ADRA ini adalah bentuk kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ralfie Maringka, selaku pimpinan
proyek kerjasama ini mengaku bahwa ini merupakan kesempatan baik dan langka dimana sebuah badan nasional mau untuk bekerjasama secara resmi dengan organisasi gereja kita.

1707-BNBD_TH3“Pelatihan ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan setelah yang pertama dilakukan pada bulan Mei silam,” kata Ralfie. “Kami merencanakan untuk melaksanakan batch ketiga dan seterusnya di masa mendatang untuk melatih tenaga-tenaga dari gereja kita agar terlibat langsung dalam program pelayanan masyarakat di tengah-tengah kondisi darurat yang mungkin saja terjadi.”

Semoga dengan keterlibatan anggota jemaat di seluruh pelosok negeri dalam membantu pemerintah untuk menanggulangi situasi darurat dan bencana, dapat membawa kabar keselamatan kepada mereka yang belum mendengarkan Firman Tuhan. Sehingga tugas pelayanan kita tidak saja terbatas kepada penginjilan tapi juga untuk misi pelayanan masyarakat.