Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PATH Melayani Masyarakat Belitung dengan Sukacita

11219519_10205216081256219_5549352653906157801_nSementara itu di pagi hari acara perlawatan dilaksanakan dari rumah ke rumah. Beberapa anggota yang dikunjungi juga harus didampingi tim medis berhubung ada permintaan khusus untuk didoakan sekaligus diperiksakan kesehatannya. Di antaranya adalah seorang nenek berusia 80 tahun yang jatuh di rumah sehingga harus tetap tidur. Tim PATH bersama Pdt. Tielung dan Ibu Tielung Manembu telah mengunjungi di Desa Air Seruk, cukup jauh dari lokasi gereja. Naomi Karina menjadi Koordinator Doa dan Perlawatan dimana telah mengatur jadwal kelompok yang melawat setiap harinya.

Ada pun acara APTA dilaksanakan selama kegiatan di Gereja Tanjung Pandan. Acara ini menyasar anak-anak anggota maupun tamu yang hadir di pemeriksaan kesehatan. Sementara menunggu orang tua mereka memeriksakan diri, anak-anak dipandu untuk mengikuti Acara Pengembangan Tabiat Anak dalam bentuk latihan kreatifitas serta seni. Beberapa kegiatan dengan menggunakan alat-alat bantu seperti kertas, lem, gunting sudah dibawakan oleh Tim APTA dikoordinasikan oleh Olgie Lekatompessy.

IMG_0182Sore hari biasanya diadakan acara kesehatan berupa pemeriksaan dan konsultasi kesehatan umum dan gigi. Terdapat empat dokter yang ikut dalam acara ini yaitu dr. Mario Lintuuran, dr. Dina Laura, dr. Colin Fern Simbolon, dan drg. Kimberly Wantah. Kecuali Colin dari Jemaat Bintaro, seluruh dokter merupakan anggota jemaat di Taman Harapan. Selain para dokter, tim medis keperawatan juga hadir yaitu Sharon Kairupan dan Sri Wartini. Animo masyarakat sangat tinggi nampak dari banyaknya peserta yang hadir setiap harinya.

IMG_0380Istimewanya adalah terdapat kegiatan Charity Clinic diadakan di Desa Air Seruk, kurang lebih 10 km dari Desa Air Ketekok, tempat dimana Gereja Advent Tanjung Pandan berada. Atas kerjasama Pdtm Asep Supriatna dengan Perangkat Desa Air Seruk, dimana tim PATH sudah diterima dengan senang hati oleh Kepala Desa serta Sekretaris Desa. Terdapat 136 pasien yang dilayani oleh Tim Kesehatan PATH pada hari Rabu, 22 Juli tersebut.

11825592_10205926366532082_8662316480470425137_nKegiatan PATH tidak saja hanya bekerjasama dengan GMAHK Tanjung Pandan. Pada hari Selasa, 21 Juli, PATH telah mengadakan kegiatan Bakti Sosial berupa bersih-bersih di Pantai Tanjung Pendam. Cukup banyak sampah yang terkumpul dan memang lokasi wisata umum ini yang pada saat kunjungan PATH ke Tanjung Pandan sangat sepi karena memang masih dalam situasi liburan Idul Fitri. Akan tetapi aktifitas ini juga mendapat perhatian dari beberapa pengunjung yang datang di pantai tersebut, di antaranya adalah wisatawan yang datang dari Jakarta yang kaget karena PATH juga datang dari ibukota khusus untuk melayani di Pulau Belitung.

IMG_0161Acara Baksos lainnya yang sudah diadakan yaitu pembagian baju layak pakai. Acara ini dikoordinasikan oleh Vanessa Gerungan. Sejauh perjalanan PATH selama 11 tahun, baru kali inilah jumlah baju layak pakai yang dibawa ke lokasi sangat banyak. Jumlah total adalah kurang lebih 500 kg dan merupakan bagasi terberat yang dibawa oleh rombongan menuju ke Belitung. Kesempatan memperoleh baju dan pakaian layak pakai ini tidak disia-siakan oleh anggota jemaat Tanjung Pandan demikian pula dengan masyarakat yang hadir. Saat PATH melayani di Desa Air Seruk, terdapat tujuh karung yang dibawa untuk dibagikan di sela-sela pelayanan kesehatan yang diadakan di Kantor Kepala Desa Air Seruk.

IMG_0434Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Belitung, PATH juga telah berpartisipasi dalam acara Donor Darah. Acara ini sedianya akan diikuti oleh hampir seluruh rombongan, tapi karena beberapa dari calon donor tidak cukup berat badan serta kurang fit sehingga hanya 16 orang yang bisa memenuhi syarat untuk donor. Kegiatan kemasyarakatan ini disambut baik oleh PMI dan sudah diadakan di Pantai Tanjung Pendam.

Semoga kehadiran PATH di Tanjung Pandan dapat membawa hasil yang positif bagi keberadaan Gereja Advent serta perkembangan kepribadian dan kesejahteraan warga di sana.