Renungan Harian Umat Pilihan 7 Juli 2015

Garis Tangan

Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Matius 16:16

Perhatikan dengan seksama pada ujung jari telunjuk anda. Lihat pola tekstur halus? Anda mengetahuinya sebagai sidik jari Anda. Itu bertekstur pola khas dari jari-jari Anda, telapak tangan, jari kaki, dan telapak kaki Anda, tetapi tidak ada di tempat lain pada tubuh Anda. Nama teknis bukit dan lembah yang sangat kecil adalah pergeseran kulit, karena akan membantu Anda. Gesekan yang dibangun ada pada dermis dan epidermis kulit Anda. Selama perkembangan embrio, setiap menit pegunungan terbentuk pada kulit Anda sehingga pada saat Anda lahir, pola petgeseran pada tangan dan kaki Anda ditetapkan untuk hidup. Kecuali untuk penyakit tertentu, cedera, atau kematian, gesekan pegunungan tersebut tidak berubah. Dan tidak ada orang lain di dunia ini yang memiliki pola garis tangan yang sama atau jejak kaki yang sama dengan Anda. Karena pola yang unik ini untuk setiap orang di bumi, kita bisa menggunakannya sebagai salah satu bentuk identifikasi positif. Setiap kali anda menyentuh sesuatu dengan tangan kosong ataukaki, itu meninggalkan sidik jari. Sidik tercetak karena setiap garis kecil di tangan dan kaki memiliki kelenjer keringat dan terus menerus menghasilkan air, garam terlarut dan asam amino. Biasanya tangan dan kaki kita tidak 100 persen bersih, sehingga setiap sampah yang kita sentuh atau injak bisa menambah cetakan. Minyak dari rambut atau dari wajah, beberapa sisa selai kacang atau jeli atau pun biskuit yang anda pegang, semua ini menghasilkan jejak sidik jari yang jelas. Bila anda akan membuat sidik jari, mereka memasukkan jari anda ke tinta, cara yang lebih baik untuk membuat catatan. Data sidik jari telah berkembang selama beberapa dekade dan sekarang berisi jutaan catatan.

Seiring waktu, lembaga penegak hukum telah belajar bahwa sebagian besar cetakan jejak di KKP (Tempat Kejadian Perkara) sebenarnya adalah sidik cari. Sidik jejak kaki memiliki area permukaan jauh lebih besar daripada sidik jari. Pengetahuan sidik jari sekarang ini berkembang dengan cepat, dan segera hukum pemerintah akan menambahkan jejak kaki ke penyimpanan data. Sangat penting bagi lembaga penegak hukum untuk selalu memiliki identifikasi pelanggar hukum secara tepat.

Yesus bertanya kepada para murid-Nya sebuah pertanyaan penting: “Kata orang, siapakah Aku ini?” (Markus 8:27). Mendapatkan identifikasi yang tepat sangat penting untuk keselamatan. Setelah kebangkitan-Nya, Yesus mengagetkan murid-murid-Nya oleh kehadiran-Nya. Apakah yang Dia tunjukkan sebagai bukti identitas-Nya?

Tuhan, jika mengetahui siapakah Engkau begitu penting, maka saya harus tahu. Saya rindu untuk dituntun oleh-Mu (lihat Yoh 6:45, Mazmur 25:14, 1 Korintus 2:9,10).

Bacaan Alkitab hari ini silahkan baca Mazmur 135 – 139

Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati.