Renungan Harian Umat Pilihan 29 Juli 2015

Mengemas DNA

 

“Yang melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak terduga, dan keajaiban-keajaiban yang tidak terbilang banyaknya” (Ayub 9:10).

 

Dua meter benang heliks ganda DNA yang ditemukan di setiap sel tubuh Anda dengan hati-hati disusun dan dikemas dengan baik sehingga semuanya cocok dalam ukuran kira-kira seribu bidang. Tapi tidak semua itu bisa dikemas. Bagian signifikan dari DNA perlu tetap terbuka dan tersedia untuk memberikan kode untuk membuat protein, ribosom, transfer RNA, dan stuktur lainnya. Jadi bagaimanakah DNA dikemas menjadi 46 kromosom Anda per sel?

 

Berabad-abad sebelumnya manusia telah menyadari bahwa DNA itu seperti benang jahit yang tergulung teratur pada gulungan benang untuk mencegahnya menjadi kusut. Tapi lama sebelum itu, Sang Pencipta kehidupan menggunakan variasi dengan tema yang sama. Pertama, benang DNA yang tipisnya dua nanometer (tepatnya, berdiameter hanya dua per semiliar meter) dibungkus dua kali dan hanya dua kali di sekitar “gulungan” yang terdiri dari delapan protein globular yang disebut histon, di mana set sebenarnya ganda yaitu empat jenis histon. Pada interval yang cukup dekat, benang DNA mengulangi membungkus ganda pada satu set ganda. Lagi-lagi ini diulangi, membuat benang tipis yang terlihat menjadi seperti rantai manik-manik kecil dengan diameter total 10 nanometer. Ilmuwan menyebut manik-manik rantai ini nukleosom. Apa yang terjadi selanjutnya benar-benar menakjubkan. Rantai manik-manik yang melingkar itu rapi, enam nukleosom per gilitan, membuat struktur erat kecil yang disebut sebagai serat 30 nanometer.

 

Tapi kita belum selesai. Serat 30 nanometer terbungkus rapat menempel dari interval kepada bangunan protein yang kokoh, meninggalkan banyak simpul yang tepat dari serat kecil yang tergantung pada protein. Ini sama seperti bagian benang kawat yang sangat panjang yang dipakukan pada kayu, sedemikian rupa hingga enam sampai delapan simpul yang diikat rapi setiap seperdelapan inci pada seluruh dinding, sehingga terlihat seperti tongkat yang getas. Keseluruhan struktur gelas itu hampir 10 kali lebih luas daripada serat 30 nanometer. Namun tongkat panjang analog yang getas itu pecah di sini, karena strukturnya lentur.

 

Bangunan protein 300 nanometer sekarang terbungkus dalam spiral ketat, menghasilkan struktur yang hampir tiga kali luasnya. Kromosom ini diduplikasi sebelum pembelahan sel. Ketika sebuah molekul DNA itu dimasukkan ke dalam larutan dengan komponen yang dibutuhkan, maka pembungkusan tingkat kromosom terjadi dalam beberapa detik. Pengaturan tersebut membuat saya tahu bahwa Tuhan memiliki perkara-perkara di bawah kendali lebih dari yang saya tahu atau bisa pahami.

 

Terima kasih, Tuhan, Engkau peduli pada setiap hal kecil sehingga saya dapat memfokuskan energi saya untuk mengasihi orang lain dan memberitakan kabar baik keselamatan.

 

Bacaan Alkitab tahunan hari ini Yesaya 24, 25, 26

 

Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati.