Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Renungan Harian “ALLAHKU YANG AJAIB” 6 Mei 2015

Renungan Harian Sepanjang Tahun “ALLAHKU YANG AJAIB”, Oleh: David A.Steen, Rabu tanggal 6 Mei 2015

KEHIDUPAN YANG TAK KELIHATAN

 

“Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia” (Kolose 1:16).

 

Pernahkah anda mendengar tentang wahana riset kelautan di laut lepas yang mengumpulkan sejumlah besar air laut untuk mempelajari kandungan DNA di dalamnya? Apakah anda tahu bahwa para ilmuwan mengolah berton-ton lumpur dan tanah untuk menemukan bakteri spesies baru yang hidup di dalam tanah? Biasanya para ahli mikrobiologi harus menumbuh-kembangkan bakteri di laboratorium sebelum mereka bisa mengisolasi berbagai jenis bakteri untuk dipelajari. Karena banyak bakteri yang tidak akan berkembang kecuali jika diberi makan dan kondisi yang tepat, maka adalah proses yang sulit dan melelahkan untuk menemukan jasad renik jenis baru. Sekarang tidak seperti itu lagi.

 

Dengan kemajuan teknologi DNA saat ini para peneliti mengambil air laut, lumpur dan endapan dalam jumlah besar untuk mengisolasi dan memurnikan DNA yang dikandungnya. Seperti yang kita tahu, DNA tidak hanya unik bagi kehidupan tapi itu adalah juga sejenis bahan kimia sangat khusus yang mengodifikasikan petunjuk-petunjuk untuk membangun sejumlah besar koleksi dari molekul-molekul yang membentuk kehidupan. Setiap spesies kehidupan, mulai dari bakteri hingga manusia, memiliki urutan DNA sendiri yang unik. Jadi, analisis DNA dapat menentukan dari spesies apa DNA itu berasal.

 

Untuk melaksanakan studi ini para peneliti membedah DNA dalam ukuran yang dapat ditata lalu menguraikannya. Penyusunan dasar dalam DNA akan membuat para ahli biologi molekular mengetahui molekul-molekul apa yang DNA itu kodifikasikan. Adalah mengejutkan bahwa begitu banyak hal baru bagi ilmu pengetahuan yang ditemukan. Jutaan susunan DNA yang baru dan unik itu berarti bentuk-bentuk kehidupan baru dan unik yang belum ditemukan sebelumnya. Kebanyakan dari rangkaian yang sekarang ditemukan itu berasal dari makhluk-makhluk yang kita tidak pernah tahu sebelumnya. Susunan DNA yang baru dan unik itu juga menggambarkan protein-protein baru dan unik yang bisa saja memiliki fungsi-fungsi bermanfaat yang bahkan belum kita bayangkan.

 

Tetapi Allah Pencipta kita tidak hanya membayangkan setiap bentuk kehidupan masing-masing, tapi Dia menciptakannya, memberkatinya, dan juga memerintahkannya untuk berkembang biak dan memenuhi bumi. Sebagai bonus, Dia menciptakan segala bentuk kehidupan dengan kemampuan untuk beradaptasi terhadap kondisi yang berubah-ubah, hal yang lazim di planet kita.

 

Tuhan segala kehidupan, karunia-karunia protein apakah yang telah Engkau berikan yang masih harus kami singkapkan? Bentuk-bentuk kehidupan menakjubkan apa lagi yang belum ditemukan? Kami berdiri dalam kekaguman akan kejeniusan ciptaan-Mu dan dengan rendah hati menyembah Engkau sebagai sumber dari semua pemberian yang baik.

 

Sebagai Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini, Silahkan Dibaca: 1 Tawarikh 17,18,19,20

 

Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati.